Sterilizer

Sterilisator

Definisi

Pensteril. Alat untuk mensterilkan instrumen dan material. Sterilisator membunuh semua bakteri yang dikenal, spora, dan virus. Contoh sterilisator misaInya autoklaf, sterilisator panas-kering (dry heat sterilizer). 

autoclave sterilizer : pensteril autoklaf, alat yang mensterilkan objek dengan panas yang lembab — uap di bawah tekanan. Sebagian besar autoklaf kedokteran gigi yang kecil dan dengan sirkulasi cepat dirancang hanya untuk obyek yang tak terbungkus, Selama waktu sirkulasi pensterilan, alat tidak boleh dibuka, biasanya 12 menit dalam suhu 134°C.

POROUS LOAD A.S. : menggunakan sirkulasi vakum untuk menjamin pembuangan udara sebelum pemasukan uap. Mempunyai sirkulasi waktu yang lebih panjang dan temperatur kerja yang berbeda. Pada semua kasus, rekomendasi pabrik pembuatnya harus diikuti. Kantung porus yang dilengkapi indikator berwarna dapat digunakan untuk dresing, gulungan kapas,dan poin kertas, atau bisa juga digunakan tabung berventilasi atau kontener yang dapat dipakai berulang-ulang.

dry heat sterilizer : alat seperti oven yang digunakan untuk membunuh semua bakteri yang dikenal, spora, dan virus. Dikendalikan secara termostatika dan dipanaskan secara elektrilk. Hanya dapat diandalkan jika sirkulasi waktunya, 160° C selama 1 jam,diikuti dengan ketat, dan tidak ada instrumen yang ditambahkan atau diambil selama waktu tersebut. Cocok untuk semua instrumen dari logam dan instrumen yang harus dijaga tetap kering. Tidak cocok untuk bahan plastilk dan karet dan sebagian henpis turbin serta henpis kecepatan rendah. Gulungan kapas dan poin kertas akan berubah warna sedikit tetapi daya serapnya tidak banyak terpengaruh. Dibutuhkan waktu pemanasan yang lebih banyak untuk bisa melakukan penetrasi kontener logam.

ethylene oxide sterilizer : alat tempat memaparkan obyek yang akan disterilkan kepada gas ethylene yang mudah terbakar dan mudah meledak selama satu jam pada suhu 60° C. Obyek lunak yang baru disterilkan jangan dipakai dahulu selama 24 jam untuk memberi kesempatan gas beracun ini menghilang.

gamma radiation sterilizer : alat sterilisasi yang dipakai dalam industri untuk mensterilkan jarum suntik, skalpel, bahan-bahan untuk penjahitan, sarung tangan operasi, dresing dan alat suntikan sekali pakai. Obyek tersebut dipaparkan kepada radiasi sinar gamma selama 24 jam. 

glass bead, salt, smallsteel ball bearing sterilizer atau molten metal sterilizer : sterilisator kecil yang dikendalikan secara thermostatika dan dipanaskan secara elektrik yang berisikan butiran garam, bola baja, atau logam cair yang dijaga agar suhunya tetap 250° C. Instrumen kecil seperti instrumen endodonsia dicelupkan ke dalamnya selama 10 detik. 

More in this category: « Sternum Sterilize »

Hubungi GigiGeligi

0878.7118.9191

Customer.Care@GigiGeligi.Com
Bumi Serpong Damai, Tangerang
 
 
Our Partner
Dentsoftware, India
+91 77 367 67 367
--- next ---